Ferrari Ingin Membeli F1

Rabu, 04 Mei 2011

Tim yang berkompetisi di Formula 1 (F1), Scuderia Ferrari justru ingin membeli ajang F1 itu sendiri. Meski itu tak dilakukan secara langsung.

Ya, rencana itu akan dilakukan oleh perusahaan investasi EXOR yang mengontrol tim Ferrari. EXOR akan membentuk konsorsium dengan perusahaan media raksasa, News Corp untuk membeli F1. 

"Mereka sedang menjajaki kemungkinan membentuk konsorsium jangka panjang untuk mengembangkan F1," bunyi pernyataan kedua perusahaan itu seperti dilansir AP.

EXOR dan News Corp akan terus melakukan pembicaraan untuk membeli saham F1, sementara dalam jumlah kecil. Belum diketahui sejauh mana pendekatan yang mereka lakukan kepada kubu F1. Sebelumnya, News Corp lewat pemiliknya Rupert Murdoch disebut-sebut juga akan membeli F1. Tapi, CEO F1, Bernie Ecclestone menolak untuk menjual F1 dan menyebut rumor itu tak benar.

EXOR adalah holding company milik Keluarga Agnelli yang memiliki 30 persen saham pembuat mobil Fiat Group. Salah satu perusahaan investasi terbesar di Eropa ini menjadi pemilik saham mayoritas Ferrari. Keluarga Agnelli juga menjadi pemilik saham terbesar klub sepakbola Italia, Juventus.

Sedangkan F1 dimiliki oleh CVC Capital Partners sejak 2005. CVC membeli F1 senilai 1,7 miliar dolar AS dari bank yang mengontrol F1 setelah pemilik lama, Kirch mengalami kebangkrutan.

0 comments:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SPORT